Seri Pelatihan Pembangunan Desa, Keuangan Desa dan BUM Desa

15 September 2017 - 13:36 WIB | mahmud |

Cover Leaflet Pelatihan

Implementasi UU Desa telah berjalan selama tiga tahun, namun sejumlah problem menunjukkan bahwa peningkatan kapasitas desa (pemerintahan dan masyarakat desa)
masih menjadi suatu kebutuhan. Terlebih lagi, pemerintah supradesa secara faktual hingga saat ini belum maksimal dalam melakukan asistensi dan pendampingan desa.


Konsekuensinya, membutuhkan kerja keras dan sinergisitas berbagai elemen untuk
mensupport peningkatan kapasitas desa dalam implementasi UU tersebut. Dalam konteks inilah, IRE perlu terlibat dalam upaya memperkuat kapasitas desa agar pembaruan desa menuju desa mandiri, kuat, maju dandemokrasi dapat terwujud. Maka untuk mewujudkan hal itu IRE menyelenggarakan serial sekolah desa melalui pelatihan tematik sebagai salah satu upaya menjawab kebutuhan tersebut.


Pelatihan ini untuk memfasilitasi perangkat birokrasi desa, lembaga desa, para aktivis desa, komunitas warga di desa serta berbagai pihak yang peduli desa untuk bersama-sama mewujudkan desa yang demokratis dan sejahtera.


Saat ini IRE menawarkan empat tema pelatihan tematik yang dinilai menjadi poin krusial bagi pemerintah desa dalam implementasi UU Desa:
A. Cara Menyusun Dokumen RPJM Desa dan RKP Desa yang Partisipatif
B. Mekanisme Penatausahaan Keuangan Desa yang Transparan dan Akuntabel
C. Cara Membentuk dan Mengembangkan BUMDesa yang Demokratis
D. Cara Mengintegrasikan Program-Program CSR dalam Dokumen Perencanaan
Pembangunan Desa

Download Materi Pelatihan Seri Pembangunan Desa, Keuangan dan BUM Desa



Leave a comment:

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

*