0001

Buku yang ada di hadapan pembaca ini adalah sekelumit pembelajaran yang diperoleh dari program Pengembangan BUM Desa dan Kelembagaan Ekonomi Lokal Lainnya untuk Perbaikan Layanan Dasar yang dikelola oleh Institute for Research and Empowerment (IRE) Yogyakarta dengan dukungan PT. Pertamina Hulu Mahakam (PHM) sepanjang 2018 – 2019. Sebagai hasil pembelajaran, buku ini menampilkan narasi perubahan yang terjadi di desa dan kelurahan dalam pelayanan publik dasar melalui sinergi pembangunan desa dan kelurahan dengan program Corporate Social Responsibilities (CSR). Pembelajaran dari program ini diharapkan dapat menjadi model yang dapat diaplikasikan dalam konteks pemberdayaan masyarakat melalui CSR yang sinergis dengan kerangka pembangunan desa dan kelurahan.

Banyak pihak telah terlibat dalam proses panjang dalam mengumpulkan narasi-narasi perubahan dari program pendampingan ini hingga proses penulisan. Oleh karenanya, para penulis menyampaikan terima kasih kepada Bapak Suripno selaku Division Head of Sustainable Development and Societal Relation PT PHM atas dukungan pendanaan dan fasilitasi program. Pemerintahan Desa, BPD, BUM Desa, dan LPM Desa Sepatin dan Desa Tani Baru, Kecamatan Anggana, Kabupaten Kutai Kartanegara atas kesediaannya menjadi lokasi program dan partisipasi aktifnya dalam meyukseskan program ini, begitu juga Pemerintahan Kelurahan, Badan Pengelola, dan LPM Kelurahan Dondang dan Kelurahan Muara Kembang, Kecamatan Muara Jawa, Kabupaten Kutai Kartanegara. Ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada LSM Naladwipa – Samarinda yang telah menugaskan stafnya sebagai Field Project Officer (FPO) dan menjadi teman diskusi selama program ini.

Buku ini dapat diselesaikan berkat dukungan dari tim penulis baik dari tim penulis IRE maupun PHM. Kami ucapkan terima kasih kepada tim penulis IRE yaitu Dina Mariana, Rajif Dri Angga, Hesti Rinandari, dan Dinda Ahlul Latifah. Kami ucapakan terima kasih kepada Abdullah Naim, Vita Sari Viktoria, M. Salim, dan Taufiq Arif Himawan sebagai field project officer (FPO) yang telah mengkontribusikan tulisan pengalaman pendampingan di lapangan. Ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada tim penulis dari PHM. Bapak Ranu Wijaya dan tim PHM (Yudi Amartina, Agatha Tripriharini, Lolita Sagitari, Aisha Azhardita, Hidayatullah, Luluk Murni Wahyuni, Muhammad Saleh, Kris Radityo Rini, Agung Yunito, Ahmad Yuli, Rijal, Suprapti, Harifin) yang telah bersinergi dan berkolaborasi menulis bagian-bagian dari buku ini sehingga menjadi buku yang dapat menginspirasi banyak pihak untuk pemberdayaan masyarakat.

 

Untuk mendapatkan buku silahkan Download DISINI

 



Leave a comment:

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

*