IRE Next Gen

publication date 2023-02-06 10:22:33

author Unknown

Pemuda adalah agen penting perubahan bangsa. Menurut data BPS (2021) Indonesia memiliki bonus demografis sebesar 69,42 juta pemuda atau sekitar 23,90% dari total populasi penduduk  Berbagai ide dan inovasi hebat telah dikontribusikan oleh Generasi Z (Zillenials) yang memiliki karakteristik yang kuat dalam mengelola perbedaan dan mengupayakan perubahan sosial.
Bagaimanapun juga banyak pemuda pada hari ini lebih tertarik pada sektor bisnis/swasta dikarenakan adanya hegemoni pasar dan media yang lebih banyak menjanjikan keuntungan pragmatis alih-alih bergerak aktif dalam gerakan sosial.
Institute for Research and Empowerment (IRE) memotret adanya potensi dan tantangan untuk dapat menghadirkan ruang alternatif yang dapat menggerakan inovasi dan aksi yang mampu mewadahi generasi muda untuk berkontribusi pada adanya transformasi sosial di Indonesia.
Untuk itu IRE berkomitmen mencetak calon peneliti, aktivis dan fasilitator pemberdayaan masyarakat yang memiliki kapasitas dalam bidang  penelitian, advokasi dan  pemberdayaan masyarakat serta cakap mengelola isu-isu publik melalui kampanye media sosial. Komitmen tersebut diaktualisasikan melalui komunitas IRE Next Generation (IRE Nextgen) yang terdiri dari 43 pemuda dengan berbagai latar belakang pendidikan, pengalaman, dan asal daerah.